Tahun Pertama

Print
Category: Kurikulum
Published Date Written by Prodi PSPD

1. Introduction to Problem-based learning (PBL)

  • Jumlah minggu dan SKS: 1 minggu non SKS
  • Gambar Umum: Modul ini diberikan pada awal perkuliahan, non SKS dan bersifat sebagai prasyarat. Materi yang diberikan menekankan pada peguatan ketrampilan belajar dalam sistem PBL sehingga mampu memberikan bekal dalam dalam menyesuaikan kebisaan belajar selama disekolah menengah sebelumnya dengan sistem belajar yang harus dijadikan pembiasaan selama proses pembelajaran di PSPD FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  • Keterkaitan Anatar Modul: Modul ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengenali metode belajar dan mengajar dalam sistem PBL sehingga mahasiswa lebih siap menghadapi modul-modul selanjutnya.
  • Sasaran Pembelajaran:
    • Mahasiswa mampu mengidentifikasi komptensi yang harus dicapai untuk menjadi seorang dokter di Indonesia.
    • Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan pebelajaran sesuai dengan kurikulum dan peraturan akademik di PSPDFKIK UIN Syarif Hidayattullah Jakarta, Sehingga dapat menjalaani tahapan demi tahapan pendidikan dengan lebih baik dan terarah.
    • Mahasiswa mampu menunjukan proses pembelajaran dalam PBL dan merancang strategi belajarnya.
    • Mahasiswa mampu melaksanakan diskusi kelompok dalam PBL menurut 12 langkah Branda.
  • Mahasiswa mampu menunjukan "soft skills" sebagai dasar kemampuan dalam belajar di pendidikan profesi dokter.
  • Metode Penilaian : Diskusi Kelompok , reading skills

2. Civic Education

  • Jmlah minggu dan SKS: 2 minggu, 2 SKS
  • Gamabaran Umum: Civic Education adalah modul yang merupakan bagian dari mata kuliah dasar umum (MKDU) yang harus dikuasia oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Modul ini mengintegrasikan nilai-nilai kewarganegaraan dan keindonesiaan di lingkungan masyarakat.
  • Keterkaitan Antar Modul: Memberi landasan dasar sebagai dokter yang memiliki kecakapan bersikap menjadi warganegara yang baik dan memiliki nilai-nilia keindonesiaan di lingkungan masyarakat.
  • Sasaran Pembelajaran:
    • Mahasiswa mamapu menjelaskan materi pengetahuan kewarganegaraan (Civic Knowledge) yang terkait Konstitusi, Demokrasi, Otonomi Daerah, HAM dan Masyarakat Madani.
    • Mahasiswa mampu menunjukkan kecakapan dan sikap kewarganegaraan (civic dispotions) seperti pengakuan kesetaraan, toleransi, kebersamaan, pengakuan keberagaman.
    • Mahasiswa mamapu menunjukkan kecakapan dan kemampuan mengartikulasikan ketrampilan kewarganegaraan (civik skills) seperti kemampuan berpartisipasi dalam proses pembuatan kebijakan publik, dan kemampuan melakukan kontrol, penyelenggara negara dan pemerintah.
    • Mahasiswa mampu menilai dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya sebagai bagian dari masyarakat tempatnya bekerja dalam mejalankan profesi sebagai seorang dokter.
  • Metode Penilaian: Diskusi kelompok, tugas mandiri, resensi film, ujian tulis dan portofolio.

3. Islamic Studies

  • Jumlah minggu dan SKS: 2 minggu, 2 SKS
  • Gambaran Umum: Modul ini membahas mengenai dasar kaidah, syariah, akhlak, peradaban dan sejarah kedokteran Islam yang dapat diintegrasikan dalam pengetahuan kedokteran.
  • Keterkaitan Antar Modul: Modul studi Islam memberikan dasar pengetahuan bagi mahasiwa dalam upaya integrasi ilmu pengetahuan kedokekteran pada modul-modul berikutnya.
  • Sasaran Pembelajaran:
    • Mahasiswa dapat menggunakan Al-Qur'an dan Al-Hadis sebagai sumber pokok ajaran Islam dalam kaitannya dengan kedokteran.
    • Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar akidah, syariah dan akhlak secara komprehensif,
    • Mahasiswa mengetahui peradaban dan sejarah kedokteran Islam.
    • Mahasiswa dapat mrningkatkan nilai ke-Islaman sebagai rahmatan ili alamin.
  • Metode Penilaian: Diskusi kelompok, role play, tugas mandiri, temu pakar, ujian tulis, essay dan MCQ.

4. Empaty, Biothics & Profesionalism

  • Jumlah minggu dan SKS : 2 minggu, 2 SKS
  • Gambaran Umum: Modul ini merupakan pengantar materi yang akan membahas mengenai empati, kaidah dasar etik, pengambilan keputusan etik dalam permasalahan klinis, dasar- dasar membina hubungan dokter-pasien melalui komunikasi, serta megenai profesionalisme terhadap pasien dan profesi kesehatan lainnya.
  • Keterkaitan Antar Modul: Modul ini menjadi dasar dalam menanamkan nilai-nilai keindonesiaan dan keshalehan sosila sebagai salah satu aspek soft skill seorang dokter.
  • Sasaran Pembelajaran: 
    • Mampu mengenali isu dalam dilema, menganalisis, serta menerapkan aspek-aspek empati, bioetik dan pengembangan pribadi dan profesi kedokteran dalam hubunganya dengan pasien, keluarga, komunitas, teman sejawat dan tenaga profesional lain yang terlibat.
    • Mampu berkomunkasi secara efektif melalui lisan dan tulisan dengan cara mendemonstrasikan kemampuan komunikasi interpersonal dengan pasien dan keluarganya, teman sejawat dan staf pengajar serta komunikasi dengan populasi dalam suatu komunikasi dan presentasi profesi.
    • Mampu mengenali kelemahannya dalam hubungan interpersonal dan pengembangan diri serta tersedia menerima kritik dari orang lain.
    • Mampu mengenalai isu hukum dan etik dalam praktik kedokteran, mengenali pertimbangan bagi keselamatan pasien berdasarkan hukum dan etik yang paling releven, serta menerapkan konsep dan pertimbangan etik bila dihadapkan pada kasus etik.
    • Mampu memadukan pertimbangan moral, menghargai perbedaan karakter individu, gaya hidup, sosila, ekonomi dan budaya dari pasien dan sejawat, serta memiliki ketrampilan klinis untuk memberikan pelayanan etik secara efektif.
    • Mampu mendemonstrasikan sikap profesiaonal seorang dokter.
  • Metode Penilaian: Diskusi kelompok, role play, tamu pakar, tugas mandiri, absensi, dan ujian tulis MCQ

5. Cellular & molecular basis of inheritance

  • Jumlah minggu dan SKS: 5 minggu, 5 SKS
  • Gambaran Umum: Materi yang dipelajari dalam modul ini adalah ilmu kedokteran dasar mengenai sel, dan genetika yang disesuaikan kompetensi dokter umum.
  • Kterkaitan Antar Modul: Modul ini menjadi dasar dalam mempelajari mekanisme fisiologi maupun patogenesis penyakit secara seluler, sehingga memudahkan pemahaman mekanisme patogenesis dan tatlaksana penyakit pada modul-modul selanjutnya.
  • Sasaran Pemebelajaran:
    • Mampu menjelaskan tentang struktur dan fungsi sel, mekanisme membran sel.
    • Mampu menjelaskan jenis-jenis sel.
    • Menjelaskan tentang organel sel, proeses pengahsilan energi ditingkat sel.
    • Mahasiswa mampu menjelaskan tentang proses penghasilan energi.
    • Menjelaskan tentang materi genetik, kromosom, DNA dan RNA. Mengetahui tentang determinasi sel.
    • Menjelaskan tentang replikasi, transkripsi dan translasi. Menjelaskan tentang kode genetik (kodan / antikodon), ekspresi gen.
  • Metode Penilaian: Diskusi kelompok, buku catatan diskusi, journal reading, kuis/laporan praktikum, ujian tulis MCQ.

6. Neoroendocrine & metabolism

  • Jumlah minggu dan SKS: 6 minggu, 5 SKS
  • Gambaran Umum: Modul yang mebahas mengenai ilmu kedokteran dasar baik anatomi, histologi, fisiologi, biokimia dari  organ yang terlibat dalam sistem neoroendokrin.
  • Kterkaitan Antar Modul: Menjadi dasar pemahaman ilmu kedokteran dasar dibidang neoroemdokrin sehingga memudahkan mahasiswa untuk menjadikannya sebagai landasan dalam penyelesaian permasalahan klinis di modul metabolik endokrin dan neoropsychiatry di tahun berikutnya
  • Sasaran Pembelajaran:
    • Mampu menjelaskan embriologi, struktur makroskopik dan mikroskopik dari sistem saraf pusat.
    • Mampu menjelaskan konsep fisiologi seluler dari sistem saraf pusat.
    • Menjelaskan tentang somatosensasi dan persepsi nyeri serta keterkaitannya dengan permasalahan klinik sederhana.
    • Menjelaskan tentang sistem kontrol motorik
    • Menjelaskan tentang sistem saraf autonom
    • Menjelaskan fungsi luhur dari sistem saraf
    • Menjelaskan struktur mikroskopik, pendarahan dan persyarafan berbagai kelenjar hipotalamus, hipofisis, adrenal, tiroid dan pankreas, serta sel-sel endokrin lainnya.
    • Menguraikan pembentukan dan sekresi growth hormone (hormon pertumbuhan), glukagon, insolin, kortisol, adrenalin, nordrenalin, triiodotironin/tetraiodotironin (T3/T4), dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
    • Menguraikan fungsi, tempat kerja dan mekanisme kerja hormon pertumbuhan, glukagon, insulin, kortisol, adrenalin, noradrenalin, triiodotironin/tetraiodotironin (T3/T4), dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
    • Menguraikan hubungan jalur metabolisme dan interkonversi antar ketiga makronutrien (karbohidrat, protein, dan lipid) serta perubahan pola metabolisme ketiganya pada berbagai keadaan fisiologik.
  • Metode Penlaian: Diskusi kelompok, buku catatan diskusi, jurnal reading, kuis/laporan praktikum, ujian praktikum, ujian tulis MCQ

7. Musculo, sensory and integument system

  • Jumlah minggu SKS: 6 minggu, 5 SKS
  • Gambaran Umum: Modul yang membahas mengenai ilmu kedokteran dasar baik anatomi, histologi, fisiologi, biokimia dari organ yang terlibat dalam sistem muskulo, penginderaan dan kulit jaringan.
  • Keterkaitan Antara Modul: Menjadi dasar pemahaman ilmu kedokteran dasar dibidang musculo, sensory dan integumen sehingga memudahkan mahasiswa untuk menjadikannya sebagai landasan dalam penyelesaian permasalahan klinis di modul musculoskeletal, dermatovenerology dan sensory di tahun berikutnya.
  • Sasaran Pembelajaran:
    • Mampu menjelaskan embriologi, struktur makroskopik dan mikroskopik dari sistem muskuloskeletal, sensory, dan integumen
    • Mampu menjelaskan konsep fisiologi seluler dari sistem muskuloskeletal, sensory, dan integument.
  • Metode Penilaian: Diskusi kelompok, buku catatan diskusi, journal reading, kuis/laporan praktikum, ujian praktikum, ujian tulis MCQ

8. Hematoimmune & cardiorespiratory system

  • Jumlah minggu dan SKS: 6 minggu, 5 SKS
  • Gambar Umum: Modul yang membahas mengenai ilmu kedokteran dasar baikanatomi, histologi, fisiologi, biokimia, dari organ yang terlibat dalam sistem hematoimun dan kardiorespirasi
  • Keterkaitan Antar  Modul: Menjadi dasar pemahaman ilmu kedokteran dasar dibidang neoroendokrin sehingga memudahkan mahasiswa untuk menjadikannya sebagai dasar alasan dalam penyelasian permasalahan klinis di modul kardiovaskuler, respirasi dan hematoimmune di tahan berikutnya.
  • Sasaran Pemebelajaran:
    • Mampu menjelaskan embriologi, struktur makroskopik dan mikroskopikdari sistem hematologi, imun, kardiovaskuler dan resprasi
    • Mampu menjelaskan konsep fisiologi seluler dari sistem hematologi, imunologi, kardiovaskuler dan respirasi
    • Menjelaskan tentang prinsip dasar transfusie
    • Menjelaskan respon dan adaptasi fisiologis kardiovaskular akibat berbagai stress seperti: fisik, mental, perubahan lingkungan, dll
    • Menjelaskan proses respon sistem respirasi terhadap  lingkungan yang extreme
  • Metode Penilaian: Diskusi kelompok, buku catatan diskusi,

9. Gastrointestinal & genitourinary tract

  • Jumlah minggu dan SKS: 6 minggu, 5 SKS
  • Gambaran Umum: Modul yang membahas mengenai ilmu kedokteran dasar baik anatomi, histologi, fisiologi, biokimia dari organ yang terlibat dalam sistem pencernaan, perkemihan dan reproduksi.
  • Keterkaitan Antar Modul: Menjadi dasar pemahaman ilmu kedokteran dasar dibidang neuroendokrin sehingga memudahkan mahasiswa untuk menjadikannya sebagai dasar alasan dalam penyelesaian permasalahan klinis di modul gastrointestinal, reproduksi dan ginjal-cairan tubuh di tahun berikutny
  • Sasaran Pembelajaran:
    • Menjelaskan pembentukan saluran dan kelenjar gastrointesinal dari lapisan embrional (entoderm)
    • Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan anatomi dan histologi dari saluran digestive:
    • Mengetahui dan menjelaskan proses pencernaan secara mekanik dan enzimatik pada saluran gastrointestinal dan hepatopankreatobilier
    • Mengetahui dan menjelaskan mekanisme imun non-spesifik dan spesifik pada sistem gastrointestinal
    • Mengetahui dan menjelaskan biotranformasi senyawa eksogen dan endogen
    • Menjelaskan pembentukan ginjal dari lapisan embrional (entoderm)
    • Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan anatomi dan histologi Ginjal dan traktus urinarius.
    • Mengetahui dan menjelaskan proses absorbsi nutrien, air, dan elektrolit di saluran gastrointestinal, homeostasis keseimbangan asam basa tubuh
    • Mengetahui dan menjelaskan fisiologi dan fungsi ginjal dan traktus urinarius
    • Mengetahui dan menjelaskan anatomi dan histologi organ reproduksi pria dan wanita
    • Mengetahui dan menjelaskan biosintesis hormon-hormon reproduksi
    • Mengetahui dan menjelaskan fisiologi kehamilan
    • Mengetahui dan menjelaskan pengaturan dan trsanport hormonal dalam kehamilan dan laktasi, menopause dan andropause
  • Metode Penilaian: Diskusi kelompok, buku catatan diskusi,journal reading, kuis/laporan praktikum, ujian praktikum, ujian tulis MC

10.Basics of Clinical Sciences

  • Jumlah minggu dan SKS: 3 minggu, 3 SKS
  • Gambaran Umum: Modul yang membahas mengenai ilmu kedokteran dasar yang menjelaskan mengenai mekanisme jejas seluler karena berbagai patogen, konsep dasar imunologi dan konsep dasar infeksi serta dasar-dasar pemerikasaan penunjang sederhana.
  • Keterkaitan Antar Modul: Menjadi dasar pemahaman terjadinya mekanisme jejas seluler, infeksi, imunologi dan pemilihan pemeriksaan penujang sehingga memudahkan pemahaman mahasiswa dalam memahami patogenesis penyakit dan tatalaksananya di modul-modul
  • Sasaran Pembelajaran:
    • Mampu menganalisis mekanisme jejas selular, inflamasi, regenerasi dan perbaikan sel, pengaturan hemodinamika, neoplasma
    • Mampu menganalisis konsep dasar infeksi dan agen penyebabnya (bakteri, virus, jamur, parasitologi
    • Mampu menganalisis konsep dasar reaksi imun dan hipersensitivitas
    • Mampu menganalisis dasar-dasar farmakolog
    • Mampu menganalisis dasar-dasar pemeriksaan penunjang laboratorium dan nilai normal hematologi, kimia, serologi, mikrobiologi, imunologi.
  • Metode Penilaian: Diskusi kelompok, buku catatan diskusi, journal reading,kuis/laporan praktikum, ujian praktikum, ujian tulis MCQ

11. Inroduction to research

  • Jumlah minggu dan SKS: 3 minggu, 3 SKS
  • Gambaran Umum: Modul yang membahas dasar-dasar metodologi dari pengembangan riset kedokteran
  • Keterkaitan Antar Modul: Menjadi dasar pembuatan proposal penelitian untuk dikerjakan pada tahun selanjutnya.
  • Sasaran Pembelajaran:
    • Mampu menjelaskan konsep dasar metode ilmiah
    • Mampu membuat desain penelitian
    • Mampu melakukan penelusuran literatur
    • Mampu menentukan besar dan cara pengambilan sampel
    • Mampu menyusun proposal penelitia
    • Mampu menjelaskan statistik deskriptif
    • Mampu menjelaskan statistik analitik
    • Mampu melakukan langkah-lanhkah etika penelitian
  • Metode Penilaian: Diskusi kelompok, pembuatan proposal kelompok, ujian tulis MCQ

12. Clinical reasoning 1

  • Jumlah minggu dan SKS: 2 minggu, 2 SKS
  • Gambaran Umum: Modul yang membahas integrasi antara pengetahuan melakukan anamnesis dan membangun hubungan antara dokter pasien.
  • Keterkaitan Antar Modul: Merupakan ringkasan dari ketrampilan klinis mahasiswa dalam mengintegrasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama setahun sebelumnya untuk membangun yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan klinis.
  • Sasaran Pembelajaran:
    • Menetapkan data yang dibutuhkan suatu kasus
    • Menetapkan identifikasi masalah
    • Membangun hubungan dokter-pasien yang baik
    • Melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik pada pasien
  • Metode Penilaian: Diskusi kasus kertas, penyuluhan, ujian tulis MCQ dan OSCE

 

Copyright 2011 Tahun Pertama. Puskom UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Templates Joomla 1.7 by Wordpress themes free